Infolutim.com-

Luwu Timur, Mangkutana.
Jum’at (6/4/2018), Tim infolutim sambangi kantor desa Teromu guna melakukan wawancara dan sekaligus silaturahmi, dalam wawancaranya Kades Teromu mengatakan Pemanfaatan pekarangan rumah jarang kita jumpai di rumah warga Teromu, untuk itu kami pemerintah Desa Teromu Berencana memanfaatkannya karena warga kami masih banyak yang tidak memiliki lahan kebun atau sawah.

Demi memenuhi kebutuhan gizi mikro melalui perbaikan menu keluarga, menumbuhkan kesadaran keluarga agar mengenali dan mengetahui sumber-sumber pangan dan horti yang ada disekitar kita, menumbuhkan kesadaran keluarga agar mau dan mampu memanfaatkan lahan pekarangan menjadi sumber pangan dan gizi keluarga.”ujar Nobertus Purba.

Selain itu, kegiatan pemanfaatan pekarangan sudah sejak lama ingin dilaksanakan, bukan saja sebagai penyedia bahan makanan yang beraneka ragam akan tetapi juga dapat berfungsi sebagai tambahan penghasilan keluarga/tabungan dan memenuhi kebutuhan rempah-rempah rumah tangga yang mendesak.
Dengan menanam tanaman yang berproduktif, taman pekarangan dapat memberikan kesehatan yang memenuhi kepuasan jasmaniah dan rohaniah.

Pemanfaatan pekarangan dengan tanaman produktif seperti tanaman holtikultura (tanaman buah-buahan, sayur-sayuran dan tanaman hias), rempah-rempah, obat-obatan, bumbu-bumbuan dan lainnya akan memberikan keuntungan yang berlipat ganda.

Kepala Desa Teromu juga menambahkan tahun ini alokasi dana pemberdayaan di desa kami meningkat, jadi kita akan mengupayakan penyediaan bibit holti bagi masyarakat kami, segala upaya dilakukan demi kesejahtraan masyarakat.

Warga akan terasa lebih besar jika kebutuhan makanan sehari-hari dapat terpenuhi sehingga dapat menimalkan memkomsumsi makanan instan dan menekan pengeluaran dana serta dapat memperindah dan menghijaukan pekarangan rumah.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjadi perhatian kita semua bahwa hidup sehat adalah cerminan hidup yang berkualitas.
(AA-IL)