Breaking News

Dispenda Sulsel Gelar Sosialisasi Pajak Daerah

Dispenda Sulsel Gelar Sosialisasi Pajak Daerah

 

TOMONI, INFOLUTIM-

Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sulawesi Selatan melalui UPTD Wilayah Luwu Timur menggelar sosialisasi pajak daerah di Aula Hotel Sikumbang Kec. Tomoni, Kamis (13/04/2017). Kegiatan ini dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan, Askar dihadiri Kepala Dispenda Sulsel, Tautoto TR, Kepala UPT Pendapatan Wilayah Luwu Timur, Muh Rusmin, Kasat Lantas Polres Luwu Timur, Anis Dj, Jasa Raharja Perwakilan Samsat Luwu Timur, Amirullah Sebagai Nara Sumber.

Kabag TU UPT Pendapatan wilayah Luwu Timur, Andi Muh. Subhan melaporkan bahwa tujuan sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tetang pajak Daerah yang dikelola Pemerintah Provinsi Sulsel , sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pajak Daerah sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

“Selain wujud partisipasi, sosialisasi ini juga dapat menjadi media informasi pajak Daerah bagi masyarakat dan meningkatkan ketaatan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor guna kemajuan pembangunan khususnya pada Kabupaten Luwu Timur,” katanya.

Lanjut Subhan, jumlah peserta sebanyak 109 Orang yang terdiri Camat Burau, Wotu, Tomoni, dan Mangkutana beserta kepala Desa/Lurah dan tokoh masyarakat. Sedangkan metode sosialisasi melalui penyajian materi, diskusi dan tanya jawab. Adapun pemateri dari Bapenda Provinsi Sulsel, Kepolisian dan Jasaraharja.

Sementara itu Bupati Luwu Timur yang diwakili oleh Staf Ahli Ekonomi Pembangunan, Askar mengatakan pembayaran pajak merupakan perwujudan dari kewajiban dan peran serta Wajib Pajak untuk secara langsung dan bersama-sama melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan pembangunan daerah.

Menurutnya strategi ini penting karena sosialisasi ini merupakan upaya menanamkan kesadaran kepada masyarakat betapa pajak sebagai instrument pendanaan dalam pelaksanaan pembangunan daerah yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

“Jangan merasa bosan memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pajak, karena hasil pajak dapat meningkatkan pembangunan di semua sektor,” katanya.

Kepala Dispenda Sulsel, Tautoto TR dalam arahannya meminta masyarakat taat membayar pajak karena pada dasarnya pajak yang dibayarkan itu untuk kepentingan rakyat juga.

Dikatakannya pajak merupakan sumber penerimaan negara yang sangat besar nilainya. Oleh karena itu masyarakat mesti diberikan pemahaman manfaat pajak dalam memacu pembangunan daerah, karena pajak sangat penting artinya dalam menopang pembiayaan pembangunan nasional.

“Besar kecilnya pajak akan menentukan kapasitas anggaran dalam pembiayaan pembangunan. Dan wujud dari pajak itu akan dikembalikan juga kepada masyarakat untuk membangun daerah,”ujarnya.

Sementara kepala UPT Luwu Timur Muh. Rusmin mengatakan kegiatan ini bertujuan secara umum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak dengan memberikan arahan dan pemahaman tentang pajak terkait kewenangan pemerintahan provensi yaitu pajak kendaraan bermotor, balik nama, bahan bakar, rokok dan biaya permukaan.

melalui giat ini, semoga ada sinergitas antara kami dengan semua unsur. Dalam waktu dekat kita akan melaksanakan pelayanan keliling disetiap kecamatan. dengan ada rangkaian kegiatan ini kami berharap capaian kesadaran untuk membayar pajak bisa meningkat sampai 5% sampai 10%. “tutup Rusmin.

“NIRWAN-IL / KOMIMFO”

Check Also

Thorig Husler Warga Pertama didatangi PPDP,Untuk Coklit Pilgub.

Thorig Husler Warga Pertama didatangi PPDP,Untuk Coklit Pilgub. INFOLUTIM.COM- Thorig Husler menjadi warga Luwu Timur  …