Breaking News

Empat Sekolah di Luwu Timur,Mengikuti Lomba Sekolah Sehat (LSS) dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Provinsi.

Empat Sekolah di Luwu Timur,Mengikuti Lomba Sekolah Sehat (LSS) dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Provinsi.

INFOLUTIM.COM-

Demi membangun kebiasaan perilaku yang sehat di lingkungan sekolah dan mendorong mewujudkan sekolah yang sehat, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur mengikuti Lomba Sekolah Sehat (LSS) Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018. Adapun sekolah yang mengikuti lomba tersebut adalah TK YPS Lawewu Kecamatan Nuha, SDN No. 264 Wawondula, Kecamatan Towuti, SMPN 3 Angkona, Kecamatan Angkona dan SMA YPS Sorowako Kecamatan Nuha.

Tim Penilai LSS UKS Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang diketuai Muh. Natsir Azikin melakukan penilaian selama sehari penuh. Penilaian yang dilakukan Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat berjumlah 7 orang dari instansi terkait berbeda, masing-masing Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kementerian Agama dan Biro Kesejahteraan Rakyat.

Kedatangan tim penilai disambut pihak sekolah dengan antusias. Seperti yang terlihat di TK YPS Lawewu, di mana kedatangan mereka dengan didampingi unsur OPD setempat, disambut dengan pengalungan bunga, kemudian ramah tamah dengan pihak sekolah, Selasa (13/02/2018) .

Kepala Sekolah TK YPS Lawewu, Sulhaeni, memaparkan gambaran umum sekolah mereka secara singkat, yang dilanjutkan dengan penjelasan Ketua Tim Penilaian LSS Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Muh. Natsir Azikin. Ia mengucapkan terima kasih atas sambutan pihak sekolah.

Dalam penilaian lomba sekolah sehat, ia menyampaikan bahwa dalam menilai, timnya melakukan penilaian secara independen dan apa adanya sebagaimana kondisi di lapangan. Menurutnya, melalui lomba sekolah sehat kualitas pendidikan, khususnya program kesehatan di sekolah terus ditingkatkan.

“Melalui kegiatan LSS, kita dapat melihat sejauh mana keberhasilan yang dicapai dalam program UKS di setiap sekolah,” ungkapnya.

Setelah ramah tamah, tim penilai langsung melakukan penilaian instrumen-instrumen yang ada dalam penilaian LSS. Setelah melakukan penilaian di TK YPS Lawewu, penilaian dilanjutkan di SMA YPS Soroako, Penyambutan dari pihak sekolah juga dilakukan di tempat ini, tim penilai disambut dengan Tarian Padupa sebelum memasuki gedung sekolah.

Setelah melakukan penilaian di SMA YPS Soroako, tim ini melanjutkan perjalanan Kecamatan Towuti untuk melakukan penilaian yang sama yakni di SDN 264 Wawondula dan SMPN 3 Angkona, Kecamatan Angkona. Sebelumnya, Tim ini disambut Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam.

Ada pun aspek penilaian yang dilakukan penilaian, diantaranya ruang guru, ruang kelas, ruang tempat ibadah, perpustakaan, ruang UKS, sanitasi sekolah, kamar mandi, WC, dan tempat cuci tangan serta lingkungan sekolah sehat.

“Ini merupakan sesuatu yang membanggakan, di tengah upaya pemerintah dalam mewujudkan pola hidup sehat di tengah-tengah masyarakat,” ujar Kabag Kesra, Hj. Andi Asmah Sari saat mendampingi Tim Penilai.

Ia juga berharap agar tim penilai sekolah sehat yang mengunjungi sejumlah sekolah di Luwu Timur, bisa memberikan masukan positif dalam hal peningkatan budaya sehat di sekolah.

“Tentunya selain melakukan penilaian banyak yang akan didapatkan dari tim penilai ini, diantanya masukan tentang peningkatan budaya sehat di sekolah, agar apa yang di cita-citakan pemerintah dalam membudayakan pola hidup sehat di tengah masyarakat,” tambahnya.

Dalam penilaian tersebut, sejumlah Kepala OPD turut hadir mendampingi tim penilai diantaranya, Kadis Pendidikan La Besse, Kadis Kesehatan dr. H. April, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Andi Suheriah, dan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Moh. Salman. (Sukma-IL/kominfo)

 

Check Also

Program Pamsimas, 29 Desa di Luwu Timur Ikut Terlibat

Program Pamsimas, 29 Desa di Luwu Timur Ikut Terlibat INFOLUTIM.COM- Kamis (22/02/2018).Sebanyak 29 Desa di Kabupaten …

KOMENTAR