Husler Apresiasi Panen di Tomoni Timur Capai 7 Ton Perhektar

Infolutim.com

Pemerintah Kecamatan Tomoni Timur bersama ratusan petani menggelar syukuran pesta panen atas hasil pertanian yang berlimpah pada musim panen kali ini. Acara ini juga di hadiri Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler.

“Pesta panen ini sebagai ungkapan rasa syukur kami kepada Tuhan Yang Maha  Esa  serta ucapan terima kasih kami kepada pemerintah daerah atas dukungannya kepada sektor pertanian,” kata Camat Tomoni Timur,  Muhammad Syukri, Sabtu sore di areal persawahan (30/12/2017).

Menurut Syukri, keberhasilan panen ini tidak terlepas dari upaya dan kerja keras petani, sehingga mampu menuai hasil yang cukup memuaskan. Disisi lain dukungan pemerintah daerah yang cukup optimal baik dari sisi pendampingan petani hingga dukungan sarana dan prasarana pertanian, bibit, pupuk hingga alat mesin pertanian seperti handtractor dan combain hasperter bantuan brigade.

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler dalam sambutanya memberikan apresiasi yang tinggi kepada para petani di Tomoni  Timur karena di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu mampu menghasilkan panen yang lumayan tinggi.

“Saya apresiasi buat para petani kita. Meskipun kondisi cuaca yang tak dapat diprediksi, tetapi dengan kegigihan dan semangat bersama,  mampu menghasilkan panen yang cukup tinggi yakni mencapai 7-8 ton per hektar,” ujar Bupati Thorig Husler.

Husler juga mengungkapkan rasa bangga dan takjub terhadap budaya kearifan lokal yang masih dipertahankan oleh para petani dengan tetap mengingat kepada Tuhan sehingga menggelar kegiatan Syukuran pesta panen ini.

“Syukuran kepada Tuhan ini wajib hukumnya sebab setiap kali kita bersyukur maka nikmat itu akan ditambah. Harapan kita semua pesta syukur panen ini memberi kemudahan dan semakin dilimpahkan rezeki,” tambahnya.

Sampai desember 2017 pemerintah kabupaten melalui dinas pertanian telah menyulurkan alat pertanian sebanyak  19 combain heapentet bantuan brigade, 362 handtraktor yang tersebar disuluruh wilayah Pertanian  Luwu Timur.

Turut hadir anggota DPRD Lutim I Made Sariana dan Suwandi, ketua Tim Penggerak PKK Luwu Timur Hj. Puspawati Husler, Asisten Pemerintahan Drs. Dahri Ashari, sejumlah kepala opd, Kepala desa dan kelompok tani Sekecamatan Tomoni Timur. (hera/kominfo)