Breaking News

Husler menabung  21 Juta Rupiah di KSU Amertha Giri Balirejo !

Husler menabung  21 Juta Rupiah di KSU Amertha Giri Balirejo !

Infolutim.com – Balirejo, Angkona.

Bupati Luwu Timur H.M Thoriq Husler menunjukan keseriusannya dalam upaya untuk lebih mengembangkan koperasi di Luwu Timur. Bentuk keseriusan itu, dilakukan Husler dengan  mendaftarkan diri sebagai anggota KSU Amertha Giri, Saat Ia menghadiri dan membuka RAT ke 13 tahun buku 2017 Koperasi serba usaha Amertha Giri yang berlokasi di desa Balirejo Kec. Angkona, selasa 23 Januari 2018.

Saat mendaftarkan dirinya itulah, Husler menyerahkan uang sebesar 21 Juta sebagai tabungannya. Tentu saja apa yang dilakukan Husler itu adalah bentuk dukungan dan kepedulian yang nyata dari Pemerintah Kabupaten terhadap perkembangan koperasi di Luwu Timur.

Dalam sambutannya, Husler mengatakan bahwa koperasi yang sehat dan dikelola dengan profesional akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan ekonomi daerah.

“Keberadaan koperasi yang sehat itu adalah sebuah solusi bagi permasalahan modal kerja dan modal usaha para pelaku UKM baaik itu anggota maupun masyarakat umum. Selain itu keberadaan koperasi yang sehat juga berperan dalam mengurangi angka pengangguran dengan aneka ragam usaha yang dibuatnya. Belum lagi hasil dari koperasi itu bisa dinikmati para anggotanya berupa pembagian SHU setiap tahunnya.”

“Harapan saya, koperasi ini bisa lebih berkembang lagi. Dan saya percaya RAT ini menunjukkan koperasi ini sehat dan terbuka,” kata Husler.

Sebagai pecinta seni Husler menyempatkan untuk mengucapkan terima kasih pada penabuh alat-alat musik tradisional yang umumnya masih remaja itu. ” Terima kasih pada anak-anakku sekalian yang begitu bagus dan luar biasa memainkan alat musik tradisional ini. Mudahan-2 kesenian tradisional kita bisa terus terpelihara dengan adanya regenerasi seperti ini. Sekalilagi terima kasih buat anak-anakku sekalian.” Ujar Husler sambil mengacungkan jempol dan diiringi tepuk tangan dari segenap hadirin.

Ketua KSU Amertha Giri, Gede Sukaryasa dalam laporannya mengungkapkan bahwa perkembangan koperasinya selama ini telah memberikan dampak yang signifikan. Ini dibuktikan dengan penambahan asset koperasi dari Rp. 5.333.688.000 ditahun 2016 telah berkembang menjadi Rp. 7.225.763 169 atau berkembang 26,19 persen.

Sementara untuk perkembangan volume usaha telah berkembang 11,82 persen dari tahun lalu. Kemudian untuk sisa hasil usaha (SHU) telah berkembang 8,52 persen mencapai Rp. 50.899.706,-.

Gede sukaryasa juga mengungkapkan para pengelola koperasi telah memiliki SDM yang baik karena telah mengikuti  berbagai diklat dan pelatihan baik yang diadakan Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Luwu Timur maupun Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam acara ini diadakan juga undian bagi para anggota koperasi yang menghadiri RAT ini, hadiahnya lumayan banyak mulai dari sepeda, kompor gas, rice cooker, blender, mixer, setrika, payung hingga alat-alat pertanian.

Camat Angkona Amran Akmal yang juga menghadiri RAT ini mengungkapkan bahwa ia merasa bersyukur dengan kehadiran Bupati dalam RAT ini. “Beliau telah menunjukan kepeduliannya terhadap koperasi dan masyarakat, kita berharap kedepan koperasi-2 lain bisa meniru apa yang telah dilakukan oleh KSU Amertha Giri, yang dalam 13 tahun perjuangannya ini, sehingga bisa memiliki aset sebanyak 7 Milyar lebih, tadi pak Bupati bilang itu sangat luar biasa. Mudah-mudahan di kecamatan Angkona ini akan tumbuh koperasi-2 yang seperti KSU Amertha Giri ini.” Pungkasnya.

Sementara Kabid Koperasi Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah Luwu Timur I Dewa Putu Alit S, M.S.I kembali bisa bernafas lega dengan suksesnya penyelenggaraan RAT ini. “Syukurlah acara ini berlangsung lancar, sedianya acara ini dilaksanakan pagi tadi tetapi karena padatnya jadwal Pak Bupati sehingga baru bisa dilaksanakan sore ini. Yang jelas perjuangan untuk memajukan koperasi di Luwu Timur ini akan terus kami lakukan, apalagi tadi ada instruksi dari beliau agar kedepan kami harus benar-2 berusaha untuk mengembangkan koperasi-koperasi yang sehat dan profesional seperti KSU Amertha Giri dan dua koperasi yang telah beliau hadiri RAT-nya . Intruksi itu siap kami laksanakan. “ Pungkasnya. (Djiesam – IL)

 

Check Also

Menjadi Narasumber, Kadis Pendidikan Luwu Timur Tunjukkan KP1 Sektor Pendidikan

Menjadi Narasumber, Kadis Pendidikan Luwu Timur Tunjukkan KP1 Sektor Pendidikan INFOLUTIM.COM- Bupati Luwu Timur yang …