Infolutim.com-

Bupati Luwu Timur HM. Thorig Husler menyaksikan langsung Penandatanganan Nota kesepahaman (MoU) kerjasama investasi bidang pertanian dengan sistem Mekanisasi antara Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Tole dan Kalosi Kecamatan Towuti dengan PT. Bumi Agro Pratiwi Mandiri, Sabtu (10/03/2018) di aula Rujab Bupati Luwu Timur, Malili.

Menurutnya, kerjasama investasi pertanian ini sebagai salah satu upaya dan strategi pemerintah daerah untuk menggerakkan roda percepatan dan peningkatan produksi pertanian di Luwu Timur.

“Jika berjalan sesuai harapan, kita optimis sektor pertanian akan semakin maju dan berkembang,” katanya.

Dengan dukungan PT. Bumi Agro Pratiwi Mandiri (PT. BAPM) sebagai salah satu investor bidang pertanian yang menawarkan diri untuk siap berkomitmen bersama Pemerintah daerah meningkatkan produktivitas produk pertanian.

“Untuk mengoptimalkan Peningkatan pembangunan Khususnya pada sektor Pertanian, diperlukan kerjasama, konektivitas dan komitmen antar pihak mulai unsur pemerintah, dunia usaha (Investor) dan Masyarakat/Petani, sehingga senergitas dalam mencapai cita-cita pembangunan pertanian yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat/petani dapat nyata terwujud,” katanya.

Husler juga berharap bahwa dengan adanya penandatangan kerjasama ini mampu menjawab berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat/Petani.

Husler juga sangat berharap dukungan kerjasama ini tidak hanya pada sektor pertanian semata namun bisa juga dikembangkan pada sektor lainnya seperti peternakan, perikanan hingga pertambangan.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Ir. Muharif dalam laporanya menyampaikan, bahwa hingga saat ini Luas lahan yang sudah terdata seluas 535 Ha, 345 Ha berada didesa Tole, dan 190 Ha berada di desa Kalosi, dengan rencana kerja melalui sistem bagi hasil dengan ketentuan sebagai berikut : 75 % Untuk PT.BAPM, 3 % Untuk BUMDES Dan 22 % Untuk Pemilik Lahan.

Turut hadir Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bahri Syam, Wakil Ketua DPRD Luwu Timur H. Siddiq BM, Sekda Luwu Timur H. Bahri Suli, Direktur utama PT. BAPM Chirtianto, Kabag Ops Polres Rifai, Pabung Lutra Sengke, Sejumlah Kepala OPD, Camat Dan kepala Desa serta pengurus Bumdes Desa Tole dan Kalosi.

(sukma-IL/kominfo)