Komang Widyana Ketua Pramuka SMAN 10 Luwu Timur : Mengembara Jalan Kaki Dari Sekolah, Gunung Kertoraharjo Hingga Tembus Lapangan Alam Buana

Infolutim.com – Tomoni Timur

Organisasi Pramuka SMAN 10 Luwu Timur melaksanakan kegiatan  mengembara untuk pramuka penegak bantara dalam rangka untuk mengisi sku ke tingkat laksana. Kegiatan itu dimulai pagi hari Sabtu, 17 Februari 2018.

Rute pengembaraan itu dimulai dengan berjalan kaki dari lokasi Sekolah SMAN 10 Luwu Timur, menuju Gunung Kertoraharjo. Perjalanan dengan hanya berbekal air minum saja itu benar-benar menantang para anggota Pramuka SMAN 10 Luwu Timur.

Mereka harus membuka jalur dan mencari jalan dari gunung Kertoraharjo untuk bisa menembus Desa Alam Buana dan finish di lapangan desa itu. Sungguh perjalanan dan pengembaraan yang tidak mudah untuk dilaksanakan.

Berbagai tantangan dan rintangan mereka lalui ditengah sengatan terik matahari. Walaupun demikian semua itu tidak membuat semangat anak-anak pramuka itu menjadi kendor.

Dengan tekad keberanian dan penuh semangat, mereka maju terus melalui semua aral dan rintangan yang menghadang. Keberanian dan tekad anak-anak pramuka ini tentu tidak lepas dari pembinaan dan pelatihan yang telah mereka lalui disekolah.

 

Beragam ketrampilan dan teknik survival dalam kepramukaan tentu telah mereka kuasai dengan baik. Pengembaraan ini adalah ujian bagi mereka untuk bisa naik ke tingkat yang lebih tinggi dalam dunia kepramukaan.

Kadarusman,Wakasek dari SMAN 10 Luwu Timur menjelaskan kepada Pewarta Media Infolutim tentang kegiatan para siswanya ini.  “Ini adalah  kegiatan pramuka penegak.  Dari golongan Bantara ke golongan Penegak.  Dalam kegiatan ini mereka membutuhkan kedewasaan untuk berani bertanggung jawab sekaligus belajar banyak hal yng mereka tidak  pernah dapati sebelumnya. Terutama belajar menerima segala resiko, meski mereka tidak suka. Mereka juga belajar untuk dipimpin meski tidak se-ide dan masih banyak hal lain lagi. Terutama juga mereka harus belajar tentang kearifan alam.  Dalam pengembaraan mereka punya motto, yaitu tdk boleh mengambil apapun kecuali gambar dan tidak boleh meninggalkan sesuatu kecuali jejak. Itulah motto mereka.” Terangnya panjang lebar.

Komang Widyana, Ketua Pramuka SMAN 10 Luwu Tinur. Mengatakan bahwa “Kegiatan kepramukaan ini memang sangat penting untuk dilakukan. Karena kegiatan ini akan berdampak sangat positif  bagi para pramuka dikemudian hari.  Jadi untuk kedepan nya, para anggota pramuka dapat memiliki mental dan fisik yang kuat. Serta mampu bertahan hidup di alam bebas.

Hal senada diungkapkan oleh Taufik Hidayat, wakil ketua pramuka SMAN 10 Luwu Timur. “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif  karena melalui kgiatan ini, Kita dapat di latih untuk mandiri dan mnjadi lebuh disiplin.” Ujarnya.

Begitu juga dengan Khusnul kholidah, seorang anggota perempuan dalam kelompok pramuka ini mengatakan, “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bisa membuat saya lebih mandiri. Dimana saya bisa berbaur dengan alam, bisa merasakan bagaimana sebenarnya menjadi pramuka yang mandiri, bertanggung jawab dan dapat dipercaya.”Tegasnya. (Komang Widyana-SMAN10LUTIM/Djiesam-IL)