Breaking News

Kuak Rumitnya Persoalan Pupuk Bersubsidi, Komisi II DPRD Lutim Gelar Rapat.

Kuak Rumitnya Persoalan Pupuk Bersubsidi, Komisi II DPRD Lutim Gelar Rapat.

INFOLUTIM.COM-

Selasa 30 Januari 2018. Komisi II DPRD Luwu Timur gelar rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, Dinas Kelautan dan perikanan, Perbankan dan koordinator penyuluh pertanian se-Luwu Timur.

Ketua Komisi II DPRD Iwan Usman menjelaskan agenda rapat terkait tindak lanjut permasalahan pelik yang dihadapi petani di Luwu Timur. Selain dihadapkan minimnya keuangan petani dan kelangkaan pupuk subsidi, komisi II DPRD juga menemukan lemahnya penyaluran pupuk subsidi kepada kelompok tani (poktan).

Iwan mengatakan kehadiran perbankan dan koperasi diharapkan mampu turut membantu poktan dalam menebus pupuk bersubsidi.

“Kami minta masukan dari berbagai pihak untuk mencari solusi kesulitan petani saat ini,” ujarnya.

Iwan juga mengharapkan program kartu tani dengan menggandeng pihak perbankan dapat direalisasikan agar memudahkan poktan dalam pendistribusian pupuk subsidi.

Wakil ketua komisi II DPRD Andi baharuddin menambahkan perlunya pembahasan khusus dalam RDP terkait pendistribusian pupuk bersubsidi yang sekarang bersoal pada tingkat kelompok tani.

Baharuddin menilai tak hanya soal langkanya pupuk namun juga distributor dan pengecer kerap menjadi penyebab pupuk subsidi tak tersalurkan. Dirinya mendorong penyuluh agar tetap mengawal poktan sesuai dengan tugas dan fungsi penyuluh. “Penyuluh sangat membantu poktan dalam fungsinya sebagai fasilitator usaha tani.” Ujar Baharuddin.

(Sukma-IL/Tom)

 

Check Also

Menjadi Narasumber, Kadis Pendidikan Luwu Timur Tunjukkan KP1 Sektor Pendidikan

Menjadi Narasumber, Kadis Pendidikan Luwu Timur Tunjukkan KP1 Sektor Pendidikan INFOLUTIM.COM- Bupati Luwu Timur yang …