Mashuri Utniel : Panwascam Kalaena Kawal Sosialisasi Pemilih pemula di SMAN 9 Luwu Timur

Infolutim.com – Kalaena

KPU Luwu Timur bekerjasama dengan Panwascam Kalaena menggelar kegiatan sosialisasi untuk pemilih pemula di SMA Negeri 9 Luwu Timur, hari Rabu 14 Februari 2018.

Kegiatan sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada para siswa warga sekolah SMAN 9 Luwu Timur untuk mengetahui hak-hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara yang telah berumur 17 tahun keatas.

Dalam sosialisasi itu juga ditegaskan kepada para siswa mengenai bahaya dari politik SARA dan politik UANG, para siswa diberi pemahaman mengenai aturan-aturan yang terkait dengan proses pemilihan dari tahap awal hingga tahap akhir.

Mashuri Utniel, Ketua Panwascam kecamatan Kalaena yang hadir untuk  mengawal dan juga membawakan materi pada kegiatan sosialisasi itu menjelaskan kepada Pewarta Media Infolutim bahwa Panwas berkewajiban mengawasi dan mendukung proses dari semua tahapan yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu.

“Kami sebagai Panwas berkewajiban mengawasi proses dari semua tahapan pemilu, sosialisasi ini adalah upaya dari kami semua para penyelenggara dan pengawas pemilu untuk mencapai target minimal 80% wajib pilih yang telah memiliki hak untuk menggunakan hak pilihnya.”

“Sementara sosialisasi bagi pemilih pemula ini sangat penting untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang aturan-aturan dan bagaimana cara yang benar dalam menggunakan hak pilih. Kami juga menjelaskan kepada mereka agar mereka secara tegas menolak politik SARA dan Politik UANG, sebelum ada pihak-pihak lain yang menanamkan hal-hal yang sebaliknya.” Imbuhnya.

Muh.Ayub salah seorang anggota KPU kabupaten Luwu Timur yang hadir membawakan materi sosialisasi pada para siswa, saat diwawancarai oleh Media Infolutim mengatakan “Siswa SMAN 9 Luwu Timur ini sangat responsif dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan tadi saat kami beri tantangan untuk membuat karya tulis bertemakan Pemilu, tentang KPU, Panwas, sistem pemilihan  dan sebagainya, bisa berupa saran, kritikan atau yang lain. Mereka tampak begitu bersemangat dan siap bersaing dengan sekolah-sekolah yang lain.” Ujarnya.

Sementara Kepala Sekolah SMAN 9 Luwu Timur Nursidi mengatakan bahwa   “Sosialisasi ini sangat penting untuk membentuk karakter yang benar bagi para siswa untuk menjadi Pemilih yang baik dan benar. Mereka-mereka inilah yang dimasa yang akan datang yang bisa kita andalkan untuk mengatasi politik SARA dan Politik Uang. Ini adalah saat yang tepat bagi kita untukmemberikan mereka pengetahuan dan pemahaman dari awal kepada mereka sebagai pemilih pemula.” Pungkasnya.

Indah Sari dan Siti Arnianti dua orang siswa dari Kelas XII IPA2 saat ditanya oleh Pewarta Media Infolutim selepas kegiatan mengungkapkan bahwa “Kami sangat senang dengan sosialisasi ini karena kami jadi mengetahui apa-apa hak dan kewajiban kami sebagai pemilih pemula. Kami juga jadi tahu apa-apa yang harus kami hindari dan hal-hal yang dilarang berdasarkan aturan-aturan yang ada. “ Ujar keduanya. (Djiesam-IL)