Breaking News

Momentum Kebangkitan Hari Sumpah Pemuda Di SMPN 1 BURAU

Momentum Kebangkitan Hari Sumpah Pemuda Di SMPN 1 BURAU.

 

Infolutim.com-

Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017,  mengingatkan kita kembali akan sejarah perjuangan  Bangsa Indonesia yang diraih dengan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu kita. Termasuk diantaranya para pelajar, pemuda dan mahasiswa Indonesia masa itu. Setelah tercetusnya Sumpah Pemuda 28 oktober itu maka 17 tahun kemudian Kemerdekaan bangsa Indonesia dapat di proklamirkan. Perjuangan itulah yang harus selalu diingat dan wajib diwariskan pada para siswa dan pelajar masa kini.

Dalam Upacara Hari Sumpah Pemuda di SMPN 1 Burau 28 Oktober 2017, semua peserta upacara kompak  memakai aneka ragam pakaian adat Nusantara, seperti pakaian adat Bugis, Toraja, Pamona,  Bali, Sasak Lombok, Jawa serta pakaian adat lainnya.

Bukan hanya siswa saja tetapi para Guru dan Staf juga memakainya. Menurut Kepsek SMPN 1 Burau. I Wayan Sudarsana, S.Pd M.Si, Hal itu dimaksudkan agar seluruh peserta memahami  bahwa kita bangsa indonsia, adalah terdiri dari beragam suku, bahasa, agama,  warna kulit dsb. Walaupun demikian dalam ke-Bhineka Tunggal Ika-an dan dalam Keragaman itu ada kenikmatan, ada keindahan dan dalam warna-warni perbedaan itu ada kesamaan.

I Wayan Sudarsana kemudian menambahkan bahwa dal  Kesamaan inilah kita harus mampu meraih dan menjadikannya sebagai modal  untuk maju membangun dan mengisi cita2 kemerdekaan, sesuai dengan peran dan kemampuan  masing-masing.

“Jangan ditolak keberagaman ini karena harus disadari bahwa keberagaman ini adalah anugrah Tuhan Yang Maha Esa,  jadi harus dikelola dengan baik,  tdk perlu disamakan,  kalau disamakan berarti menolak anugrah Tuhan. Setiap saat, setiap kesempatan, mari kita sambungkan nilai2 persaudaraan,  hidup bergotong royong, berasama sama saling mengisi demi cita cita bersama”.  Demikian tutur Kepsek SMP N 1 Burau.I Wayan Sudarsana, S.Pd M.Si.

“DJIESAM-IL”

Check Also

Malam Ramah Tamah, Husler Lepas Sambut Kapolres Baru dan Lama

Malam Ramah Tamah, Husler Lepas Sambut Kapolres Baru dan Lama Infolutim.com Bupati Luwu Timur, HM …

One comment

  1. Semoga dengan mengingat hari sumpah pemuda ini, persatuan dan kesatuan NKRI oleh generasi berikutnya tetap terjaga sampai selamanya.