Breaking News

Panwas Lutim Gelar Sosialisasi Tatap Muka Pemilih Pemula

Panwas Lutim Gelar Sosialisasi Tatap Muka Pemilih Pemula

Infolutim.com

Dalam rangka mensukseskan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan yang akan digelar pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang dan Pileg serta Pilpres tahun 2019, Panitia Pengawas Pemilihan (PANWASLU) Kabupaten Luwu Timur semakin gencar melakukan sosialisasi khususnya kepada pemilih pemula.

Sosialisasi di selenggarakan di aula hotel Sikumbang, Kecamatan Tomoni. Rabu, 20 Desember 2017 dan diikuti oleh ratusan siswa-siswi SMA dan sederajat se-Luwu Timur telah berusia 17 tahun. Selain itu hadir juga sejumlah remaja masjid, pemuda gereja dan generasi muda Hindu.

Hadir sebagai narasumber Azry Yusuf SH. MH Komisioner Bawaslu Prov Sulsel bid. Hukum, Budiman Asisten bidang Hukum dan Politik Pemda Lutim, para Ketua Panwas Lutim Rahman Atja,SH, Zainal Arifin S.os dan Dra. Sukmawati suaib.

Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan Kabupaten Luwu Timur, H. Budiman yang membuka acara bertajuk Sosialisasi dan Tatap Muka Pemilih Pemula tersebut, berpesan agar generasi muda saat ini tidak menjadi apatis atau tidak perduli terhadap pendidikan politik dan hak konstitusinya. “Anak-anakku sekalian harus bersyukur bisa hadir ditempat ini dan dan menambah pengetahuan tentang bagaimana menyalurkan hak politik kalian,” kata Budiman.

 

Dalam sambutannya Ketua Panwas Lutim Rahman Atja menyampaikan bahwa sosialisasi bagi pemilih pemula ini sangat penting dalam rangka membangun kebersamaan dalam melakukan pengawasan karena jumlah anggota panwas kabupaten dan kecamatan yang sangat terbatas, sehingga dukungan dan partisipasi dari seluruh stake holder dan para pemilih pemula untuk ikut mengawasi seluruh tahapan dalam pilkada 2018 mendatang agar berlangsung jujur dan adil.

“ Mengapa sosialisasi pemilih pemula ini menjadi penting? itu karena kalau di persentasikan maka jumlah pemilih pemula ini cukup besar dan mereka baru pertama kalinya akan menggunakan hak pilihnya. Oleh karena itu maka mereka perlu diberikan pemahaman mengenai aturan-aturan dan tahapan-tahapan pemilu itu sendiri.” tutur Rahman Atja.

Komisioner Bawaslu Prov Sulsel bid. Hukum Azry Latif menyampaikan dalam sambutan dan materinya bahwa Bawaslu Sulsel mengemban 3 amanah fungsi pengawas pemilu yang pertama adalah fungsi pencegahan, yg kedua adalah fungsi penindakan pelanggaran dan yang ketiga adalah fungsi penyelesaian sengketa. Fungsi yang pertama dan kedua adalah tugas dan fungsi yang ketiga adalah kewenangan. Salah satu bentuk kegiatan dari fungsi pencegahan itu adalah sosialisasi kepada seluruh stake holder yang ada termasuk para pemilih pemula.

“Pilkada/Pemilu tidak akan bisa menjadi tolok ukur keberhasilan proses berdemokrasi jika tanpa keterlibatan semua pihak. Oleh karena itu adik-adik sekalian jangan salah gunakan hak konstitusi kalian.” tutupnya.

Setelah Seluruh Narasumber menyampaikan materinya diadakan diskusi dan tanya-jawab antara para Narasumber dengan seluruh peserta. Diskusi dan tanya jawab itu berlangsung seru. Para Narasumber tampak terkesan dengan kecerdasan para peserta. “saya tidak menyangka kalau ternyata mereka telah memiliki pengetahuan tentang pemilu, cerdas-cerdas mereka itu” Puji Rahman Atja.

Para narasumber kemudian berkumpul didepan untuk menandatangani deklarasi bersama dan juga menandatagani Baliho deklarasi.

Alfira Damayanti dari SMA 11 Lutim saat diwawancarai oleh media Infolutim terkait kegiatan sosialisasi ini disela-sela waktu istirahat mengatakan bahwa sosialisasi ini sangat berguna karena baginya yang pemilih pemula jadi bisa mengetahui apa pentingnya memilih dan apa hak-hak dari pemilih. Hal Senada disampaikan oleh Jhonieris dan Stefi dari SMA 5 Lutim mereka mengatakan bahwa sosialisasi ini sangat bagus karena mereka yang masih awam bisa mendapat pengetahuan tentang beragam peraturan tentang pemilu serta hak-hak mereka sebagai pemilih.

Kegiatan dilanjutkan dengan diundangnya perwakilan dari  para pemilih pemula untuk maju kedepan dan menandatangani Deklarasi pemilih pemula yang telah ditandatangi oleh para Narasumber dan Setelah penandatangan Deklarasi itu selesai maka perwakilan dari para pemilih pemula itu membacakan deklarasi yang telah mereka tanda-tangani  dengan diikuti oleh seluruh peserta sosialisasi.

Acara kemudian ditutup dengan sesi photo bersama para narasumber dengan seluruh peserta sosialisasi. (Hera/kominfo)

Check Also

Thorig Husler Warga Pertama didatangi PPDP,Untuk Coklit Pilgub.

Thorig Husler Warga Pertama didatangi PPDP,Untuk Coklit Pilgub. INFOLUTIM.COM- Thorig Husler menjadi warga Luwu Timur  …