Perangi Buta Aksara!! Kades Lagego Dirikan Sekolah Masyarakat Desa (SMADES)

Infolutim.com – Lagego, Burau

Kepala Desa Lagego Akbar Huzair.SE bersama Sekelompok Pemuda Desa lagego Kec.Burau Kab. Luwu Timur senin (29/01/2018) tampak berada dilokasi  pembuatan tempat belajar yang diberi nama Sekolah Masyarakat Desa (SMADES).

SMADES ini adalah ide dari sang Kades, untuk membantu masyarakat yang ingin belajar, namun terkendala usia dan tidak bisa belajar di sekolah umum. Akbar Huzair Kades Lagego berharap melalui (SMADES) Ini, anak-anak yang sempat putus sekolah bisa melanjutkan pendidikan setara SD, SMP, dan SMA. Bahkan bisa mewujudkan impian melanjutkan studi ke perguruan tinggipun tidak mustahil.

Hal tersebut disampaikan  Akbar Huzair .SE. saat ditemui Pewarta Media Infolutim dilokasi  Pembangunan tempat belajar yang nantinya akan di tempati masyarakat untuk belajar.

Akbar kemudian mengatakan “SMADES  ini sangat membantu. Tidak semua orang dapat bersekolah hingga selesai. Banyak yang terpaksa putus sekolah dengan masalah-masalah tertentu. SMADES ini hadir sebagai solusi,” katanya.

Ia pun menambahkan “Mereka yang putus sekolah karena masalah–masalah tertentu ini juga mempunyai hak untuk bersekolah dan bekerja seperti mereka yang bisa menyelesaikan pendidikan dijenjang sekolah umum.”

“Pendidikan tidak mengenal Batas usia. SMADES  mendorong para orang tua yang masih berniat untuk belajar dan bergabung di SMADES  tersebut. Kami juga ingin mengurangi angka buta aksara di Desa kami, tidak ada kata akhir untuk belajar. Dengan belajar kita akan bisa merubah sesuatu yang biasa menjadi sesuatu yang luar biasa.”

“Mudah-mudahan dengan adanya SMADES  ini anak-anak yang sempat putus sekolah dan ingin melanjutkan belajar bisa terlayani karena tidak mungkin mereka bersekolah bersama-sama dengan anak-anak SD/SMP umum karena usia mereka yang sudah melebihi batas.” Pungkasnya. (Nirwan/Editor-Hera)