Breaking News

PROFILE DESA BAHARI

Baso Pangerang (Kepala Desa Bahari)
BASO PANGERANG (KEPALA DESA BAHARI)

 

Desa Bahari merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur. Desa Bahari bertetangga dengan desa Tabaroge dan desa Kalaena, bahkan desa Bahari juga merupakan hasil pemekaran dari desa Kalaena Kecamatan Wotu Luwu Timur.

Desa Bahari merupakan desa yang jauh dari pusat keramaian, letak desa ini dapat dikatakan sangat dekat dengan laut, sehingga warga masyarakatnya banyak yang bertani tambak sebagai sumber penghasilan pokok. Adapun jenis ikan yang dibudi daya rata-rata ikan bandeng dan udang, sehingga tidak sedikit warga desa Bahari yang menjual hasil panennya di daerah lain, seperti palopo dan Toraja.

Sesuai hasil konfirmasi dengan kepala desa Bahari Baso Pangerang, bahwa desa bahari sangat kaya akan sumberdaya alamnya. Namun didesa Bahari sangat jarang ditemukan warga yang menggarap sawah, namun sebagai pengganti tanaman pokok warga yakni jagung. Desa Bahari adalah penghasil jagung kedua terbanyak setelah desa Tabaroge, disamping jagung terdapat juga tanaman kelapa hibrida yang menjadi penghasilan pokok warga setempat.

  1. Nama Kepala Desa : Baso Pangerang

  2. Nama Desa              : Bahari

  3. Luas Wilayah          : 6,99 M2

  4. Batas-Batas Desa   : UTARA (Desa Kalaena)

                                             : SELATAN (Laut Teluk Bone)

                                             : TIMUR (Desa Maliwowo)

                                             : BARAT (Desa Tabaroge)

      Jumlah Dusun seluruhnya 2 Dususn :

  1. Dusun Bunga-Bunga terdiri dari 2 RT dengan jumlah penduduk 113 KK

  2. Dusun Bunga Pantai terdiri dari 2 RT dengan jumlah penduduk 92 KK

Jumlah penduduk Tahun 2016  (203 KK -769 jiwa ) yang terdiri dari 409 jiwa laki-laki dan 359 jiwa perempuan. Terdapat 1 buah Sekolah TK (Nurul Ilmi) dan 1 buah Sekolah SDN 139 Buana Indah. Jumlah lulusan SD pada Tahun 2015 sebanyak 181 dan lulusan SMP 80 orang.

Desa Bahari memiliki sarana kesehatan 1 buah yakni Pustu Desa dan 2 buah Posyandu, rata-rata jumlah pengunjung Posyandu terbanyak pada bulan Agustus Tahun 2015. Rata-rata penyakit yang diderita masyarakat di Desa Bahari adalah hipertensi, reumatik, asam urat dan kolesterol.

Desa Bahari memiliki tempat ibadah 3 buah mesjid, mayoritas penduduknya beragama Islam.

Jenis tanaman pangan yang di produksi yakni padi sawah, sedangkan tanaman holtikultura adalah tanaman jagung. Jumlah produksi jagung pada tahun 2015 sebesar 100 Ton dari luas lahan 75 Ha. Sedangkan jenis buah-buahan yang diproduksi didesa Bahari yakni Rambutan, jeruk, mangga dan kelapa hibrida. Kelapa hibrida merupakan tanaman yang diproduksi paling banyak dari jenis buah-buahan lainnya, yakni 22.000 Ton/Tahun. Sedangkan jenis hewan ternak yang dapat dibudi daya didesa ini ayam, itik dan angsa.

Selain hewan ternak budi daya ikan paling banyak didesa ini, yakni sekitar 110 KK membudi daya ikan tambak dengan luas masing-masing 3,5 Ha / kepala keluarga. Jumlah pelanggan listrik PLN sebanyak 101 rumah tangga dengan jumlah pelanggan listrik terbanyak didusun Bunga-bunga. Perlu diketahui, Desa Bahari baru merasakan lampu listrik PLN Tahun 2016, sedangkan jalan aspal pada Tahun 2015 lalu. Sehingga meskipun sumber daya alamnya tergolong kaya, begitu juga dengan keadaan penduduknya yang lumayan mapan, namun kesejahteraan dibidang Umum baru dapat dinikmati pada Tahun 2016.

DAFTAR NAMA-NAMA PERANGKAT DESA BAHARI:

Anwar, S.Pdi

Sekretaris Desa

Andi Pallawagau

Kaur Tata Usaha dan Umum

Muh. Faisal

Kaur Perencanaan

Idul Adha

Kaur Keuangan

Amalia Eka Yuliandira, A.Md Keb

Kasi Pemerintahan

Hasrul

Kasi Kesejahteraan dan Pelayanan

Musmail

Kepala Dusun Bunga-Bunga

Jasruddin

Kepala Dusun Bunga Pantai

Riska Mukhtar

Bendahara

Rezki Adriani

Bendahara Barang

(sumber: Desa Bahari/Wotu-infolutim)

 

Check Also

Malam Ramah Tamah, Husler Lepas Sambut Kapolres Baru dan Lama

Malam Ramah Tamah, Husler Lepas Sambut Kapolres Baru dan Lama Infolutim.com Bupati Luwu Timur, HM …