SOSIALISASI PROGRAM USAHA GARAM RAKYAT

INFOLUTIM.COM-

Rabu,31 Januari 2018. Telah berlangsung Sosialisasi Daerah program Pengembangan Usaha Garam Rakyat (Pugar 2018) menuju Swasembada Garam Tahun 2020. Sosialisasi digelar di Gedung PKK Kab. Takalar dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Takalar H. Achmad Dg. Se’re,S.Sos .

Wakil Bupati Takalar dalam sambutannya mengatakan diantaranya bahwa potensi pengembangan garam sangat menjanjikan karena produksi dalam negeri masih jauh dari kebutuhan dalam negeri jadi negeri kita selalu membutuhkan. Untuk itu para petani khususnya petani garam di takalar harus bisa menerima inovasi mengenai tehnik membuat garam yang lebih banyak, lebih   efektif dan efisien. Beliau juga berharap garam ini bukan hanya garam diproduksi tapi bisa menjadi wisata garam.

Sementara itu Kadis Perikanan dan kelautan Kab. Takalar Drs.H.Muh.Asbar,M.Si dalam laporannya mengatakan bahwa  Sosialisasi yang digelar sehari oleh  Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Takalar ini diikuti sebanyak 60 orang peserta  terdiri dari para petani garam dari pulau Tanakeke kecamatan Mappakasunggu dan dari kecamatan Mangarabombang. Ditambahkan bahwa para petani garam di Takalar siap untuk melakukan swasembada garam dan bertekad akan membuka lahan integrasi sehingga dapat beproduksi garam 3 kali lipat dari sebelumnya.

Materi sosialisasi Pugar ini dibawakan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Takalar  DR. Hj. Irma Andriani,S.Pi.,M.Si, Kepala Seksi Pemanfaatan Air Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Freude T.P Hutahaean,ST.M.Si. dan  Kabid. Pengelolaan usaha perikanan dan penyelenggaraan  TPI Dinas Perikanan dan Kelautan Takalar Nurhidayat Abdullah,S.ST.Pi,M.Si.

Hj.Irma Andriani dalam materinya membahas tentang kelembagaan yang berkaitan dengan produktifitas tambak garam dan sangat penting dalam kebutuhan sehari-hari.

“ Sukma-IL/Budi Angkor-IL”