Memperingati Hari Sumpah Pemuda Dan Rapat Komite  SMPN 1 Tomoni Timur.

Infolutim.com-

Sabtu, (28/10/2017). Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda 28 Oktober 2017, SMPN 1 Tomoni Timur Kecamatan Tomoni Timur melaksanakan berbagai kegiatan.  Kegiatan yang dilaksanakan antara lain,   aksi pementasan drama siswa  ‘kita satu dalam perbedaan’ dan pagelaran ragam aneka baju adat serta dirangkaikan juga dengan kegiatan rapat komite sekolah SMPN 1 Tomoni Timur.

Pada Hari sabtu 28 oktober 2017 memang merupakan jadwal bagi SMPN 1 Tomoni Timur untuk melakukan rapat kegiatan komite sekolah,  namun sebelum acara rapat komite sekolah dilaksanakan,  para anggota komite dan tamu undangan dihibur oleh aksi pementasan drama oleh siswa-siswi SMPN 1 Tomoni Timur yang bertema ‘kita satu dalam perbedaan’.

Kepala sekolah SMPN 1 Tomoni Timur Drs I Wayan Sudarsa mengatakan bahwa  tema kegiatan hari ini bersama kita cerdaskan anak bangsa dalam rangkaian hari sumpah pemuda dan rapat komite sekolah. Pihak sekolah hanya menjadi fasilitasitator dalam rapat agenda komite sekolah, untuk mensosialisasikan kegiatan-kegiatan  apa saja yang akan dilaksanakan para peserta didik SMPN 1 Tomoni Timur dan kebutuhan apa-apa saja yang diperlukan.

I Wayan Sudarsa mengatakan lagi, bahwa pihak sekolah tidak boleh memungut dana dari masyarakat atau orang tua siswa, untuk kebutuhan sekolah. Terkecuali masyarakat sendiri yang bergerak mengusulkan dana bantuan, untuk kebutuhan sekolah melalui komite sekolah.

Adapun harapan I Wayan Sudarsa dengan adanya partisipasi dari masyarakat dan komite sekolah, dalam bentuk bantuan pemikiran dan bantuan dana, dapat lebih membangkitkan semangat dan motivasi para guru untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan siswa. Karena jika masyarakat dan komite sekolah saja bisa memberikan yang terbaik untuk pendidikan, maka pihak gurupun juga harus bisa memberikan yang terbaik untuk sekolah. Agar para siswa bisa menjadi generasi bangsa yang bermutu dan berkualitas.

Sementara itu Ketua komite SMPN 1 Tomoni Timur, Made Lasia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program dari komite sekolah untuk memajukan dan mencerdaskan anak bangsa. Maka dari itu pihak komite sekolah mengajak masyarakat dan teman-teman,  yang ingin memberikan sumbangan pemikiran atau sumbangan mater,i untuk membantu sekolah dalam pembangunan fasilitas dan peningkatan mutu para siswa. Dalam rapat ini pihak komite sekolah memutuskan untuk melakukan pembangunan lapangan basket, yang sekaligus bisa juga berfungsi untuk lapangan upacara sekolah.  Sumber dana untuk pembangunan ini disepakati berasal dari sumbangan masyarakat dan komite sekolah.

Dalam rapat komite sekolah itu, hadir Plt Camat Tomoni Timur, Kapospol Tomoni Timur, tokoh masyarakat, anggota komite dan para guru. Adapun 3 anggota DPRD Luwu Timur yang diundang dalam rapat ini tidak dapat hadir, karena berhalangan dengan aktivitas mereka masing-masing.

Harapan Made Lasia semoga pemerintah daerah kabupaten Luwu Timur bisa melihat langsung, apa saja kebutuhan SMPN 1 Tomoni Timur ini dan dapat membantu memenuhi  kebutuhan untuk pembangunan sekolah. Contohnya  seperti pagar sekolah, ruang perpustakaan, ruang laboratorium dan mushola sekolah.

PLT Camat Tomoni Timur M.Sukri Sos mengatakan bahwa  kegiatan komite sekolah ini sangat bermanfaat, karena sekolah dapat terbantu  dalam masalah dana pembangunan fasilitas sekolah.  Sebab  jika pihak sekolah hanya mengharapkan dana bos, mungkin berat untuk membangun fasilitas sekolah, tetapi dengan adanya sumbangan dari tokoh masyarakat dan komite sekolah, maka dapat melancarkan aktivitas pembangunan fasilitas sekolah. Contohnya  seperti hasil keputusan rapat komite sekolah hari ini, yang memutuskan untuk membangun lapangan basket .

Adapun harapan M.Sukri semoga dengan adanya keputusan dari rapat komite sekolah untuk membangun lapangan basket. maka kelak para siswa dapat memanfaatkannya untuk lebih meningkatkan kemampuan dalam berolah raga. Sehingga dapat mengharumkan nama sekolah dalam tingkat Kabupaten atau Provinsi.

Kapospol Tomoni Timur, Ponix Mantom mengatakan bahwa ia mendukung seratus persen kegiatan ini. Sebab menurutnya ini sangat bermanfaat  untuk kepentingan bersama. khususnya bagi pihak kepolisian,  sebab dengan adanya kegiatan seperti  ini pihak kepolisian dapat menyampaikan dan mensosialisasikan beragam peraturan keamanan, sekaligus dapat mensosialisasikan tentang bahaya  narkoba kepada para siswa, orang tua siswa dan para guru.

Menurut Ponix Mantom pihak kepolisian memang sebaiknya selalu dihadirkan dalam setiap kegiatan yang seperti ini disekolah atau di instansi pemerintah yang lain. Sebab melalui kegiatan-kegiatan  seperti ini, pihak kepolisian dapat menyampaikan dan mengarahkan masyarakat atau para siswa, untuk selalu mentaati peraturan kepolisian dalam hal berlalu lintas, dengan selalu melengkapi kelengkapan berkendara seperti helm standar, sim, peralatan berkendara dan yang lain lainnya. Jika kepolisian dan masyarakat dapat bekerja sama maka akan tercipta keamanan yang diharapkan oleh semua pihak.

“MONO-IL”