Breaking News

Menjadi Wakil Lomba Karya Tulis Ilmiah Ditingkat Provinsi, Ini Persiapan SMAN 9 Lutim

Menjadi Wakil Lomba Karya Tulis Ilmiah Ditingkat Provinsi, Ini Persiapan SMAN 9 Lutim.

Infolutim.com –

SMAN 9 Luwu Timur kembali berpretasi dengan mewakili Kabupaten Luwu Timur dalam lomba Karya tulis ilmiah tingkat SMA ditingkat provinsi Sulawesi Selatan, yang akan diadakan pada bulan ini dengan tema Festival pelajaran SMA se Sulawesi Selatan. Untuk itu berbagai persiapan tengah dilakukan oleh pihak sekolah SMAN 9 Luwu Timur.

Kamaruddin guru pembina Karya Tulis ilmiah SMAN 9 Luwu Timur mengatakan bahwa sebelum menuju ke provinsi, pihak sekolah dan siswa selama beberapa bulan menyiapkan materi dan membuat bahan untuk perlombaan.Setelah melakukan beberapa kali diskusi maka ditentukan tema untuk karya tulis itu. Adapun judul dari tema karya tulis itu adalah “ Pemanfaatan Kulit Pisang Sebagai Bahan Pembersih WC Demi Meminimalisir Pengeluaran Keluarga ”

Tiga orang siswa- siswi yang akan mewakili SMAN 9 Luwu Timur yaitu Dandi Pranata, Firda dan Niluh Sri Utari. Ketiga siswa siswi ini terpilih melalui proses seleksi lomba antar kelas di SMAN 9 Luwu Timur yang kemudian dimenangkan oleh tiga siswa siswi ini.

Kamarudin juga berharap mudah-mudahan para siswanya yang mewakili sekolah untuk  lomba ini bisa lebih antusias untuk mengali potensi dalam membuat Karya tulis ilmiah ini, agar supaya dapat mengharumkan nama sekolah dengan memberikan upaya yang terbaik. Sehingga mereka dapat meraih gelar juara, ujar Kamarudin kepada Awak Media Infolutim selasa, (17/10/2017).

Salah satu peserta Karya Tulis ilmiah Niluh Sri Utari mengatakan “begitu banyak persiapan yang dilakukan untuk mengikuti lomba karya tulis ilmiah diprovinsi. Persiapan dilakukan dengan membaca dan mencari diinternet untuk bahan materinya. Kemudian dilakukan juga experimen-experimen  sederhana disekolah dan juga dirumah, untuk menilai kualitas produk yang telah dibuat oleh tim saat dipraktekkan secara langsung. Apakah hasilnya bisa membersihkan objek atau tidak. Syukurlah ternyata hasilnya sangat memuaskan. Setelah itu kami kemudian berdiskusi untuk menentukan tema dari karya tulis yang telah kami ujicoba itu”.

Niluh Sri Utari kemudian menambahkan alasan mengapa mereka memilih tema kulit pisang? itu karena tema itu belum ada dalam daftar dan menurut mereka  kulit pisang memang sangat bermanfaat. Apalagi kulit pisang itu sangat mudah didapatkan didaerah Kalaena Kiri ini. Sehingga akhirnya mereka memutuskan mengelolanya dengan didampingi langsung oleh pak Kamaruddin sang guru pembina.

Berdasarkan hasil experiment yang dilakukan oleh Niluh Sri Utari dan teman-temannya itu, diambil kesimpulan bahwa kulit pisang tidak hanya sebuah sampah biasa tetapi bisa menjadi bahan pembersih wc yang aman dan ramah lingkungan karena terbuat dari bahan organik sehingga  tidak berbahaya jika digunakan. Apalagi bahannya sangat murah dan bisa menghemat pengeluaran keluarga. Produk yang kami hasilkan ini berbentuk cair dan sebelum digunakan sebaiknya dikocok dulu agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Mudah-mudahan kedepannya hasil karya tulis ilmiah kami ini bisa berguna dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum dan semoga karya tulis ilmiah kami ini bisa menjadi juara pertama di tingkat provinsi Sulawesi Selatan, Ujarnya penuh harap.

“MONO-IL”

Check Also

Thorig Husler Warga Pertama didatangi PPDP,Untuk Coklit Pilgub.

Thorig Husler Warga Pertama didatangi PPDP,Untuk Coklit Pilgub. INFOLUTIM.COM- Thorig Husler menjadi warga Luwu Timur  …