Infolutim.com-

DPRD Luwu Timur menerima kunjungan kerja rombongan DPRD Kolaka Utara di Ruang Aspirasi DPRD Luwu Timur. Selasa (15/5/2018). Kunjungan ini dalam rangka mencari referensi beberapa hal mengenai tugas dan fungsi yang tercantum pada peraturan perundangan mengenai tata tertib DPRD yang baru saja diterbitkan. Selain itu, rombongan DPRD kolaka juga ingin belajar mengenai penyusunan ranperda inisiatif.

Pimpinan Rombongan Buhari mengatakan kunjungan kerja bertujuan untuk menambah referensi dan berbagi informasi pandangan DPRD Luwu Timur mengenai Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota.

“Kami ingin mengkaji dua aspek ini dalam rangka mempertajam tugas dan fungsi kedewanan,” ungkap Buhari.

Ketua Komisi 3 DPRD Luwu Timur Herdinang mengatakan dalam penyusunan ranperda inisiatif boleh diusulkan oleh bapemperda, komisi maupun Fraksi DPRD, untuk kemudian diajukan kepada pimpinan dibuatkan panitia khusus (pansus) DPRD untuk membahas ranperda.

“Boleh dari Komisi langsung menyusun ranperda, dan boleh juga pansus,” jelas Herdinang.

Dari kiri Ketua Komisi III DPRD Lutim Herdinang, S.Ag, Wakil Ketua I DPRD Kolut Buhari, dan Ketua Komisi I DPRD Lutim Drs.H.M. Sarkawi A. Hamid, M.Si

Ketua Komisi 1 DPRD Luwu Timur HM Sarkawi A Hamid mengatakan PP nomor 12 tahun 2018 muatannya memberikan pedoman dalam penyusunan tata tertib DPRD Kabupaten yang lebih baik dari sebelumnya.

Lanjut Sarkawi, kedatangan DPRD Kolaka Utara berkunjung menjadi kehormatan bagi Luwu Timur. Kolaka Utara dan Luwu Timur memiliki nilai historis bagian dari tanah Luwu.

“Luwu Timur dan Kolaka Utara adalah saudara, sama se-tanah Luwu dan sama-sama memiliki daerah tambang,” tutupnya.

(Soekma-IL /Tom)