infolutim.com-
Jelang pelaksanaan puncak peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-73 pada Jumat (17 Agustus 2018), Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menggelar sejumlah rangkaian kegiatan.
Diantaranya apel penghormatan dan malam renungan suci di Taman Makam Pahlawan Malili, tepat pukul 00.00 Wita Jumat (17/08/2018). Pada apel penghormatan dan malam renungan suci itu, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kejari Luwu Timur, Yohannes Avilla Agus Awanto Putra.
Kejari saat membaca naskah renungan mengatakan, Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. “Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, serta mendapatkan tempat yang sewajarnya,” ucapnya.


“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa,” tutupnya.
Dalam pelaksanaan Upacara tersebut, turut dihadiri Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, Ketua DPRD Luwu Timur, Amran Syam, Kapolres Luwu Timur, AKBP Leonardo Panji Wahyudi, Ketua PN Malili, Khaerul, SH. MH., Pabung Luwu Timur, Perwira Penghubung, Mayor Kav Suparman, Sekertaris Daerah, Bahri Suli dan sejumlah Kepala OPD serta para Anggota TNI, Polri, Satpol PP, FKPPI dan Pramuka.
Pelaksanaan apel berlangsung khidmat dan sakral dengan diawali dengan pembacaan tanda kehormatan dan renungan suci oleh Irup dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta serta penyalaan obor.
Renungan suci ini merupakan salah satu rangkaian yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya sebelum peringatan acara puncak detik-detik Proklamasi Kemerdekan Republik Indonesia.
(Soekma-IL/kominfo)