Infolutim.com-

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Hj. Puspawati Husler, mencanangkan kampung KB di Dusun Sindomulyo, Desa Argomulyo, Kecamatan Kalaena, Kamis 0(08/11/2018).

Pencanagan ditandai dengan pemukulan gong dan disaksikan Kepala PPKB, Rapiuddin Thahir, beserta Kepala OPD terkait dan Camat Kalaena, Resky, serta Kepala Desa se-Kecamatan Kalaena.

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler dalam sambutannya mengatakan, kampung KB ini dicanangkan guna menekan laju pertumbuhan jumlah penduduk. Program KB menjadi salah satu upaya pokok yang harus dilakukan dengan cara meningkatkan Gerakan Bersama Program Keluarga Berencana antara Pemerintah, Mitra KB dan masyarakat. Program kampung KB bukan saja untuk menyukseskan program Keluarga Berencana, namun juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa yang menjadi sasaran pembentukan kampung KB.

“Kampung KB merupakan program unggulan KB era Pemerintahan saat ini dalam mengimplementasikan NAWACITA sesuai dengan agendanya. Prioritas ketiga adalah membangun Indonesia dari kawasan pinggiran dalam memperkuat daerah-daerah dan Desa dalam NKRI. Prioritas kelima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia indonesia dan prioritas kedelapan yaitu melakukan revolusi karakter bangsa. Kensep dan langkah-langkah kegiatan strategis kampung KB, serta memberikan wawasan tentang indikator keberhasilan kampung KB,” ujar Husler.

Husler mengharapakan, melalui program kampung KB ini bukan semata hanya program Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana semata, tapi  kampung KB membutuhkan dukungan semua pihak termasuk seluruh OPD dan stakeholder lainnya.

Untuk itu, lanjut Husler, pihaknya memberikan dukungan kepada pengelola ataupun kader KB yang terlibat langsung di lapangan sehingga mereka termotivasi untuk terus menggiatkan program Kampung KB.

Kepala Desa Argomulyo, Agit Hadi Susanto mengatakan bahwa, di Desa ini terdapat lebih 1.205 jiwa dan untuk di Dusun Sindomulyo terdapat 160 KK, dan terdapat 75 pasangan KB Aktif.

“Keberadaan kampung KB di Dusun Sindomulyo Desa Argomulyo ini agar dapat merubah perilaku masyarakat menjadi lebih paham program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. Pencanangan Kampung KB ini menjadi momentum untuk memperkuat rasa kebersamaan antar warga masyarakat dan berperan aktif diberbagai kegiatan untuk membangun kampung demi terciptanya keluarga kecil bahagia dan sejahtera,” tutupnya. (Kominfo)

Editor : Soekma-IL

KOMENTAR