Infolutim.com

Selasa (6/11).Perangkat desa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FBPD) se-Luwu Timur sampaikan aspirasinya ke DPRD Luwu Timur. Beberapa aspirasinya yakni mengenai kesejahteraan (insentif) BPD, dan keikutsertaannya dalam Bimbingan Teknis (bimtek) Desa.

Ketua FBPD H. Haeruddin Hasan mengungkapkan BPD perlu dibekali bimtek desa dalam rangka meningkatkan kapasitasnya. Selama ini bimtek hanya ditujukan kepada kepala desa, padahal menurutnya BPD sebagai “parlemennya” desa juga unsur yang penting.

Menanggapi hal tersebut Anggota DPRD Luwu Timur Herdinang mengatakan DPRD merespon positif aspirasi tersebut. Hal ini menginspirasinya untuk merumuskan regulasi untuk memperkuat kedudukan keuangan Desa dan Perangkat Desa.

Dirinya meminta pemkab untuk berkoordinasi bersama Bapemperda DPRD Luwu Timur mengenai regulasi dimaksud.

Mengenai bimtek, Herdinang mengharapkan pemda mengajak BPD untuk ikut serta dalam pengembangan kapasitasnya. Menurutnya untuk melaksanakan kegiatan tersebut dapat menggunakan APBD ataupun APBDes, sesuai aturan yang berlaku.

“Kami (DPRD) merespon positif aspirasi FBPD, tinggal disinkronkan saja. Bila APBDes tidak mencukupi, kita akan dorong menggunakan APBD, kita akan setujui itu.” Ungkap Herdinang.

Selain Herdinang, Hadir Ketua DPRD H. Amran Syam, Ketua Komisi I H.M. Sarkawi A. Hamid, Anggota DPRD Sukman Sadike, H. Usman, Efraem, Andi Endi B. Shin Go, Syahruddin, Juddin Sira dan Kepala DPMD Halsen.

(tom)

Editor : Soekma-IL

KOMENTAR