loading...

 

Kabupaten Luwu Timur masuk sebagai salah satu dari 14 daerah di Sulawesi Selatan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2019. Penghargaan itu diterima Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler pada puncak acara peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Hotel Four Point Makassar, Selasa (23/07/2019).

Penghargaan KLA itu diserahkan langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, RI Yohana Yembise Kepada Bupati Luwu Timur dengan raihan prestasi KLA Kategori Pratama.

“penghargaan ini merupakan upaya kita bersama seluruh pemangku kepentingan didaerah untuk mewujudkan Luwu Timur yang layak dan ramah terhadap anak” kata Husler usai menerima penghargaan.

Adapun 14 kabupaten/kota peraih predikat KLA itu yakni Makassar, Bantaeng, Bulukumba, Sidrap, Sinjai, Bone, Maros, Gowa, Luwu Utara, Palopo, Luwu Timur, Parepare, Soppeng, dan Takalar. Jumlah ini bertambah lagi dibanding pada tahun 2018 dimana hanya 12 kabupaten/kota yang berhasil meraih penghargaan KLA.

Setiap tahun, penerima penghargaan KLA di Sulsel semakin meningkat. Pada tahun 2017, hanya 8 kabupaten/kota, lalu naik di tahun 2018 sebanyak 12, dan 2019 sebanyak 14 kabupaten/kota.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak RI Yohana Yembise mengatakan tujuan diadakannya program ini adalah untuk mewujudkan Indonesia Layak Anak (IDOLA). Tujuan ini, lanjut Yohana, sejalan dengan program PBB yaitu Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2030.

“Kita masih punya waktu sekitar 15 tahun ke depan. Semoga ada perubahan dengan adanya program-program yang kita lakukan salah satunya KLA. Kita akan wujudkan child friendly country,” harapnya.

Turut mendampingi Bupati Luwu Timur, Kepala Dinas Sosial Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Luwu Timur, Sukarti dan Kepala Bapelitbangda H Abrinsyah. (fb/hms)

loading...