Infolutim.com-

Luwu Timur, Mangkutana.
Keberhasilan seorang Kepala Desa (Kades) dalam membangun desanya, selain harus mendengarkan aspi­rasi masyarakatnya juga harus tahu kondisi ril semua aspek di desanya. Sehingga, apa yang dikerjakan bisa tepat sasaran.

Menurut Kepala Desa Teromu Nobertus Purba mengatakan bahwa, seorang Kades itu kerjanya bukan cuma duduk-duduk di kantor saja, Tapi juga harus turun ke lapangan dan melihat seperti apa kondisi yang ter­jadi dimasyarakat.

Jika kepercayaan masyarakat baik, maka kami Kades akan lebih mudah menggerakkan swadaya dan semangat gotong royong warganya. Akan lebih mudah untuk mewujudkan konsep desa membangun dan membangun desa, desa kerja bersama dan desa bersama kerja.

Dalam setiap rapat koordinasi kepala desa Teromu Nobertus Purba mengajak kepada seluruh staff perangkat desa untuk dapat menjaga kedisiplinan dalam bekerja. Karena dengan menerapkan kedisiplinan dapat meningkatkan kualitas dan kinerja dalam bekerja, mengingat bahwa para perangkat dan staff bekerja dalam pelayanan untuk masyarakat.

“Untuk meningkatkan kinerja dalam pelayanan disiplin sangat dibutuhkan, serta ditumbuhkan lagi dalam diri masing-masing kita,”Kata Nobertus.

Selain kedisiplinan, pria asal Sumatra Utara ini juga menjelaskan mengenai pentingnya rapat koordinasi yang dilaksanakan tiap bulan nya. Menjalin tali silaturahmi dan kekompakan antar perangkat desa menjadi tujuan utama sehingga dalam menjalankan tugas dalam pelayanan masyarakat dapat berjalan dengan baik, dan juga dapat mengingatkan kembali tugas dan fungsi serta tanggungjawab masing-masing staff dan perangkat desa.

Nobertus Purba juga mengingatkan kepada warganya untuk giat berkunjung mencari informasi di kantor desa,
Masyarakat kami di Teromu kebanyakan buruh pekerja tani, dalam artian bukan kelola kebun atau sawah sendiri, melainkan menjadi pekerja di kebun atau sawah milik orang.

Hal inilah yang menjadi PR kami di desa Teromu, bagaimana kami bisa menciptakan peluang kerja bagi masyarakat desa kami. Jangan mengandalkan kerja hari ini untuk makan hari ini, jangan kerja esok hari untuk makan esok hari.

Marilah kita berusaha untuk pandai pandai menyisihkan hasil yang kita dapatkan untuk berinventasi agar kelak memiliki lahan sendiri.

Alangkah baiknya kita dapat menyampaikan apa yang menjadi kendala yang selama ini menghambat masyarakat dalam bekerja sehingga dalam menjalankan pekerjaannya pun semakin baik,”

Dalam wawancara bersama infolutim.com Kamis, (5/4/2018) di ruang kerjanya, Nobertus Purba menghimbau kepada seluruh staff dan perangkat desa agar bersedia bekerja sepenuh hati, mendukung setiap program pemerintahan Desa serta melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat sesuai fungsi dan tugas masing-masing dengan baik, Jangan menunggu bola, kalau perlu kita yang jembut bola. Serta kekompakan dan keutuhan staff dan perangkat Desa terus dijaga.

“Semoga kita semua dapat tetap menjaga kekompakan dan keutuhan kita semua demi mewujudkan Desa Teromu yang lebih baik dan maju,”harapnya.
(AA-IL)