Pejabat Eselon IV Harus Mampu Berinovasi; Sekda Luwu Timur Tekankan.

  • Whatsapp

Infolutim.com-

Bacaan Lainnya

Senin (19/03/2018).Pemerintah Kabupaten Luwu Timur bekerjasama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan Diklat Pim IV Angkatan CCCI (301) dan Diklat Prajabatan CPNSD Golongan II dan III Formasi Pengangkatan Dokter PTT, Bidan PTT dan Penyuluh Pertanian yang Pengangkatan Khusus Pemerintah Kabupaten Luwu Timur yang bertempat di Aula Sasanapraja Kantor Bupati Luwu Timur.

Sekretaris Daerah Luwu Timur, Bahri Suli dalam sambutannya mengatakan dalam sisi manajemen kepegawaian, pejabat struktural eselon IV memainkan peran yang sangat menentukan dalam membuat perencanaan, pelaksanaan kegiatan instansi, dan memimpin bawahan untuk melaksanakan kegiatan tersebut secara efektif.

Melalui Diklat PIM IV ini kata Bahri Suli, diharapkan pelaksanaannya inovatif yang memungkinkan peserta diklat mampu meningkatkan kompetensi yang dimiliki. Itu artinya, peserta dituntut untuk menunjukkan kinerjanya dalam merancang suatu perubahan di unit kerjanya, dan memimpin perubahan itu sehingga memberikan hasil yang signifikan, jelasnya.

Terkait Diklat Prajabatan, Bahri Suli mengatakan diklat ini merupakan kewajiban CPNS agar bisa diangkat menjadi PNS, disamping itu juga untuk membangun kompetensi dan membentuk PNS sebagai bagian ASN yang profesional.

Sementara itu dalam laporan Kepala BKPSDM, Kamal Rasyid mengatakan mengatakan, tujuan penyelenggaraan Diklatpim Tingkat IV dan Prajabatan Formasi Khusus adalah membentuk kompetensi kepemimpinan operasional dan membentuk pemimpin perubahan pada pejabat struktural eselon IV, yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahan di instansinya masing masing dan Kompetensi yang dibangun dalam diklat prajabatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi sebagai pelayan masyarakat yang baik yang dikondisikan dengan kemampuan yaitu memahami wawasan kebangsaan sebagai dasar mengutamakan kepentingan nasional dalam pelaksanaan tugas jabatannya.

Juga di tujukan untuk memahami sikap untuk tidak korupsi dan mendorong percepatan pemberantasan korupsi di lingkungan instansinya, memahami ketentuan kepegawaian berkaitan dengan peran dan fungsi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan kedudukan kewajiban dan hak PNS, serta memahami pola pikir ASN  sebagai pelayan masyarakat, ujar Kamal.

Peserta Diklat Kepemimpinan Tk IV Angkatan 301 berasal dari pejabat struktural eselon IV dari instansi dalam lingkup Pemkab Luwu Timur, masing masing sebanyak 41 orang dan seluruh peserta diasramakan. Sementara, Diklat prajabatan tahun 2018 ini terdiri dari 2 angkatan dengan total sejumlah 60 orang. Jumlah tersebut merupakan sebagian dari seluruh CPNSD yg akan mengikuti diklat prajabatan yaitu Dokter PTT, Bidan PTT dan Penyuluh Pertanian.

Lokasi tempat Diklat Pim IV bertempat di Hotel Sikumbang Kecamatan Tomoni dan Diklat Prajabatan Formasi Pengangkatan Khusus bertempat di Hotel I Lagaligo Malili. Sementara tenaga pengajar yang akan memberikan materi selama pelaksanaan Diklatpim IV ini dari Widyaiswara/Instruktur Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi selatan dan Pejabat Struktural Pemkab Luwu Timur,” tutup kamal.

Mewakili Kepala Badan Diklat Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. Achmad Ilham memaparkan pola baru yang diterapkannya pada pendidikan dan pelatihan tersebut, adalah upaya untuk membuka wawasan peserta seluas-luasnya. Ini dimaksudkan agar seluruh peserta dapat melakukan inovasi-inovasi baru dalam lingkungan kerjanya. Untuk itu, seorang pejabat harus siap mengimplementasikannya dengan pembenahan kapasitas aparatur,” katanya.

Hadir dalam acara tersebut Sekertaris Daerah Luwu Timur, Bahri Suli, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Drs. Achmad Ilham, para Asisten Staf Ahli dan Pimpinan OPD, Camat serta peserta Diklatpim IV dan Diklat prajabatan Angkatan 26 dan 27.

Pembukaan Diklat PIM IV angkatan 301 dan Diklat Prajabatan CPNSD Formasi Pengangkatan Khusus angkatan 26 dan 27 di penyematan tanda peserta oleh Sekertaris Daerah, Bahri Suli, didampingi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Drs. Achmad Ilham dan Kepala BKPSDM Luwu Timur, Kamal Rasyid.

(Sukma-IL/kominfo)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.