AZ-ZAHRA Wakil Ketua Rohis SMPN 1 Mangkutana : Rutinitas Liqo Untuk Membentuk Kualitas Iman Dan Ahlak Yang Mulia

 

Infolutim.com – Mangkutana

Rohis adalah salah satu organisasi eskul yang terbilang rutin menjalankan aktifitasnya. Kegiatan rutinitas organisasi Rohis  SMP N 1 Mangkutana ini salah satunya adalah dengan mengadakan pertemuan atau biasa di sebut dengan liqo, yang biasanya diadakan di musholla yang letaknya ada didalam lingkungan sekolah SMP Negeri 1 Mangkutana.

  

Liqo ini rutin diadakan seminggu sekali, kegiatan biasanya diawali dengan pembacaan Al-Qur’an dan kemudian dilanjutkan dengan berbagai kegiatan-kegiatan lainnya. Seperti pendalaman materi keagamaan, pelatihan ceramah atau dakwah, diskusi atau tanya jawab dan juga kegiatan-kegiatan sosial.

  

Liqo sejatinya adalah sebuah format dan metode pembinaan yang selama ini cukup efektif untuk melahirkan kader-kader yang dibutuhkan. Tetapi esensinya adalah melahirkan individu yang memiliki kriteria tertentu sperti beraqidah yg shalih dan syamil, beribadah yg berkualitas dan akhlak yang produktif dalam beramal shaleh.

Az-zahra wakil ketua Rohis SMP Negeri 1 Mangkutana, Menuturkan kepada Media Infolutim mengenai manfaat-manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti kegiatan rutin liqo.

“Menurut saya, kegiatan ini mempunyai banyak manfaat. Salah satunya  adalah membentuk kualitas iman dan ahlak yang mulia, kita senantiasa ingat kepada Allah SWT sehingga kita akan terus berjuang untuk bisa mengamalkan berbagai amalan yang selama ini kita pelajari. Juga menjadikan hati kita senantiasa berzidkir mengingat kebesaran Allah SWT.” Tuturnya.

“Biasanya, kegiatan yang dilakukan tidak berhenti pada pertemuan mingguan saja, tapi ada juga kegiatan yang bersifat rekreatif ilmiyah, hiburan dan seterusnya. Namun smua itu tetap dilakukan dalam rangka menghidupkan sistem kehidupan yang Islami.” Tuturnya lagi.

Sementara Anandita ketua Rohis SMP Negeri 1 Mangkutana, menjelaskan mengenai rutinitas Liqo yang biasa mereka adakan, “Rutinitas Liqo ini adalah kegiatan rutin yang baik, untuk semua anggota Rohis. Karena itu semua anggota  berusaha untuk selalu hadir mengikuti kgiatan ini, itu karena banyak manfaat positif yang bisa didapatkan oleh seluruh anggota Rohis SMPN 1 Mangkutana ini.” Jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Widya Anastasya, salah seorang anggota Rohis, “Kegiatan ini memberikan banyak pelajaran yang bermanfaat kepada seluruh anggota Rohis. Karena melalui kegiatan ini, setiap unit dilatih untuk menjadi lebih baik lagi. Baik itu unit sosial, unit dakwah, maupun unit pendidikan dan latihan. Ungkapnya. (Az-zahra/Djiesam-IL)