Infolutim.com-

Tak berdosa, tak berdaya, terbaring lemas ditusuki jarum infus. Tubuh mungil itu baru saja hari ini berumur delapan bulan.

Bayi tersebut bernama Afif, diketahui bayi malang itu mengidap penyakit langka kolestasis intrahepatik dan infeksi virus cmv.

Kolestasis intrahepatik adalah penyakit hepatoselular dengan kerusakan sel parenkim hati akibat hepatitis virus.

Karena penyakit ini, Afif mengalami pembengkakan hati dan saluran empedu tersumbat sehingga perutnya membesar.

Afif sudah dirawat di RS Wahidin Makassar sekitar dua bulan. Orang tua Afif adalah warga Lampia Desa Harapan, Kecamatan Malili. Mereka yang hanya bermata pencaharian sebagai nelayan ini harus menerima kenyataan bahwa anaknya yang ke-6 itu mengidap penyakit tersebut. Kasus Afif sebelumnya telah viral di sosial media Facebook

Mendengar warganya lama dirawat, Anggota DPRD Luwu Timur Andi Endy B. Shin Go menjenguk Afif di RS Wahidin Makassar. Kamis (8/3/2018). Endy yang datang sempat berbincang dengan dokter yang menangani Afif.

“Alhamdulillah ada kemajuan. Dokter Tommy yang menangani operasinya kemarin untuk melakukan by pass agar cairan dapat keluar melalui selang,” jelas Endy.

Lanjutnya, Endy menceritakan bahwa dokter yang menangani Afif mengatakan kepada keluarga bahwa beliau cukup optimis buat kesembuhan Afif. Selama 2 bulan dirawat, Afif telah menjalani 3 kali transfusi darah golongan A.

“Tadi saya juga sempat diskusi dengan dokter anak yang tugas kontrol, konsen mereka adalah menjaga agar kondisi Afif terus stabil agar dapat dilakukan langkah-langkah selanjutnya yang dibutuhkan termasuk operasi lanjutan.” kata Endy.

Kehadiran Endy disambut antusias oleh keluarga Afif, Endy juga menyampaikan bantuan kepada keluarga untuk meringankan beban.

“Ternyata ada beberapa obat yang tidak tersedia dan menjadi tanggungan BPJS/ KIS,” Ungkap Endy.

(Soekma-IL/Tom)