Nira Astiti Arum Sari/Yaniari : PROGRAM CURHAT SISWA!! KREASI TERBARU SMPN 1 TOMONI TIMUR

 

Infolutim.com – Tomoni Timur

Ibarat Air Laut, Kreatifitas di SMP Negeri 1 Tomoni Timur sepertinya begitu melimpah. Ibarat baterai, energi mereka selalu full . Mereka tak lelah berinovasi dalam melakukan kegiatan. Masukan, ide dan dukungan penuh dari Kepala Sekolah serta guru-gurunya ibarat Charger yang selalu mengisi baterai tenaga yang mereka miliki.

  

Curhat Siswa adalah program baru yang mereka kembangkan, program yang merupakan ide bersama antara I Wayan Sudiarsa sang Kepala Sekolah dengan para Pengurus OSIS dan PIK Remaja itu, bak gayung bersambut, Connect dan langsung Running.

  

Rabu, 28 Februari 2018, Para pengurus Osis dan PIK Remaja Harapan SMPN 1 Tom-Tim itu memasuki setiap ruang kelas dengan membawa kotak curhat. Para siswa kemudian dipersilahkan menulis curhat dan segala unek-unek yang ada dibenak dan pikiran mereka mengenai lingkungan sekolah, Guru-guru, Staff, rekan-rekan siswa dan bahkan tentang Kepala Sekolah. Segala komentar, saran dan kritikan boleh mereka tuliskan, yang kemudian dimasukan ke Kotak Curhat.

I Wayan Sudiarsa menjelaskan kepada Pewarta Media Infolutim bahwa Ia, para guru, staff dan para siswa  pengurus organisasi siap menerima saran dan kritikan dari para siswa.

  

“Kami siap menerima setiap saran dan kritikan, bahkan yang terburuk sekalipun akan kami terima dan akan kami bantu dan carikan jalan keluar terbaiknya. Ini semua demi kebaikan bersama. Saya memang sengaja membuka ruang bagi seluruh siswa untuk menyampaikan curhatnya, baik itu berupa saran, ide, pendapat, kritikan dan sebagainya.”Ujarnya

  

“Ini adalah sebuah gerakkan yang manis dan humanis. Harapan kami para siswa tidak sungkan untuk curhat.mengenai pembelajaran diskolah dan begitu juga mengenai kendala atau hal lain yang mereka hadapi. Mungkin baru sekolah kami yang adakan gerakkan seperti ini. Segala curhatan yang ada kita giring ke arah positif. Sehingga pencarian jati diri mereka itu punya wadah dan arti positif untuk masa depannya sendiri.”Ujarnya lagi.

  

“Awalnya mungkin masih ada yang ragu dan malu itu wajar-wajar saja.Yang pasti niat kita baik dan dibarengi sengan tindakkan nyata. Sebagai Kepsek saya memberi peluang kepada segenap warga sekolah untuk berkreasi positif semi kebaikkan dan kemajuan bersama. Kita hendaknya tidak letih untuk mencari terobosan-terobosan baru. Saya ucapkan selamat  dan terima kasih untuk  anak-anaku sekalian, OSIS  dam PIK remaja.“Pungkasnya.

  

Erna Dwi Rusmaningtyas guru pembina organisasi PIK Remaja Harapan SMPN 1Tom-Tim mengatakan, “Kegiatan ini membuka kesempatan bagi siswa untuk mengungkapkan pendapat tanpa takut adanya ancaman atau hukuman. Mereka bebas mengungkapkan keluh kesahnya, diharapkan dari kegiatan ini siswa bisa lebih percaya diri dalam beraktivitas dan berkreativitas.”Ungkap ibu guru cantik ini.

  

Sekertaris OSIS SMPN 1 Tom-Tim, Nira Astiti Arum Sari  berpendapat bahwa, “Menurut saya kegiatan kotak curahan hati siswa-siswa  SMPN 1Tom-Tim  kelas 7,8 dan 9 sangat bagus karena melalui program ini kita bisa mengetahui apa saja keluh kesah dari mereka selama ini. Juga dari kegiatan ini, sekolah kita bisa menjadi contoh untuk sekolah-sekolah yang lain. Kami bertekad untuk menjadi sekolah maju dan limited edition yang ada di tomoni timur bahkan di Luwu Timur. Spensa Tom-Tim is the best. “ Ujar dara cantik ini penuh semangat.

  

Sementara itu Apsela Matasik seorang anggota OSIS menambahkan bahwa, “Kotak curhat nya akan berlaku permanen. Pengurus  OSIS kerjasama dengan pengurus PIK-R akan mengecek kotaknya setiap sabtu pkl.10.00 wita. Semua masalah, termasuk masalah siswa dengan orangtuanya akan kami bantu. Tentunya koordinasi bersama kepsek dan guru-guru. Karena kita semua keluarga besar. Kemudian Selain melalui kotak curhat kami juga membuka curhat melalui group WA, sudah kami buat agar bisa lebih cepat dan lebih enjoy. “Tutupnya.  (Nira Astiti Arum Sari-Yaniari Matasik/Djiesam-IL)