Rismawati Latifah Ketua Pramuka SMPN 1 Mangkutana : LOMBA MEMBUAT NASI GORENG ALA PRAMUKA !

 

Anak-anak Pramuka SMP Negeri 1Mangkutana benar-benar tak kenal lelah, setelah melakukan kegiatan outbound ke permandian Uelanti Sabtu, 24 Februari 2018, maka hari minggu 25 Februari 2018,mereka kembali melakukan kegiatan dilokasi sekolah mereka.

 

Kegiatan yang sekilas terlihat sederhana yaitu lomba masak nasi goreng ala anak pramuka, ternyata memiliki manfaat yang begitu besar. Rismawati Latifah,  ketua pramuka SMP Negeri 1Mangkutana yang terbilang cerdas dan kreatif ini, memaparkan mengenai serba-serbi lomba nasi goreng yang mereka lakukan kepada Pewarta Media Infolutim.

“Kemarin kami melakukan kegiatan lomba masak nasi goreng ala anak pramuka, dan dari kegiatan ini kami dapat merasakan kekompakan diantara kami, menahan emosi ketika salah satu dari kami ada yang mau menang sendiri. Kami juga dapat merasakan indahnya kebersamaan, bisa saling membantu satu sama lain untuk kepentingan bersama.”

  

“Ini adalah salah satu pembelajaran agar kami bisa mandiri. Tidak hanya bergantung pada orang tua atau bergantung pada orang lain. Kalau kami tidak mulai belajar dari sekarang kapan kami akan bisa?.”

  

“Didalam pramuka itu khan kami tidak hanya diajarkan cara baris-berbaris tetapi juga bagaimana menanamkan rasa kekeluargaan. Dalam kegiatan seperti ini, yang dibutuhkan hanyalah kekompakan. Satu sama lain saling mengeluarkan pikiran bagaimana cara memecahkan masalah.

  

“Kami belajar memasak dalam kegiatan ini, walaupun hasilnya tidak seenak diwarung, tapi setidaknya kami tidak hanya bisa mencicipi masakan buatan orang lain.  tetapi kami juga bisa mencicipi masakan buatan kita sendiri.”

“Kami makan dengan daun pisang dan entah kenapa nasi goreng ala anak pramukalebih lezat rasanya di banding masakan warung. Yah memang harus  diakui rasanya memang sedikit hambar. “Ujarnya sambil tertawa.

  

Syahril pembina pramuka SMP Negeri 1 Mangkutana, tampak senyum-senyum saat memberi komentar tentang kegiatan lomba masak tersebut. “Seru,kocak dan lucu. Pokoknya benar-benar kegiatan yang bermanfaat sekaligus menghibur.” Ujarnya.

“Lomba memasak nasi goreng ini  bertujuan untuk membiasakan anak-anak untuk selalu hidup sehat dan bersih. Di samping itu, juga untuk memberikan pemahaman kepada anggota pramuka di SMP Negeri 1 Mangkutana, bahwa makanan yang dimakan setiap hari harus terhindar dari bahan pengawet. Itu agar mereka bisa menanamkan dan menerapkan pola hidup sehat, karena makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang sehat. Hal lainnya adalah kegiatan tersebut juga merupakan salah satu penerapan dasa darma ke 6 yaitu rajin, terampil dan gembira”. Ujarnya lagi.

Seorang siswa anggota pramuka bernama Olivia Folabesi juga memberikan komentarnya. “Menurut saya tentang kegiatan kemarin itu, saat membuat nasi goreng, kami telah diajarkan untuk bisa mandiri. Meskipun agak capek tapi capek itu tidak terasa karena kami saling bekerjasama untuk menyelesaikan  masakan itu. Pokoknya dalam kegiatan ini kebersamaan itu sangat kami rasakan. Ini kelak akan menjadi cerita dan kenangan yang indah.” Pungkasnya.

(Rismawati Latifah/Djiesam-IL)