Rismawati Latifah Ketua Pramuka SMPN 1 Mangkutana : Membangun Kebersamaan Melalui Outbound Di Uelanti

Infolutim.com – Mangkutana

Dalam rangka membina rasa kekeluargaan, kebersamaan dan kekompakan, anak-anak  Pramuka SMP Negeri 1Mangkutana hari Sabtu,  24 Februari 2018 melakukan kegiatan outbound di lokasi permandian uelanti.

Ketua Pramuka SMP Negeri Mangkutana, Rismawati Latifah menceritakan kepada pewarta Media Infolutim bahwa “Dalam kegiatan ini kami, anak-anak pramuka melakukan berbagai kegiatan, agar kami dapat merasakan arti kebersamaan, kekompakan dan kekeluargaan. Walaupun kami ini sebenarnya berbeda-beda tetapi tetap satu.dalam kegiatan ini. “

“Dalam kegiatan ini juga,  kami dapat lebih mengenal lingkungan sekitar kita tanpa harus merusak kelestarian alam. Ini  sangat menyenangkan karena kami dapat lebih mengenal satu sama lain.” Ujarnya sambil tersenyum.

“Dari kegiatan outbound ini kami dapat mengartikan bahwa kebersamaan lebih dari segalanya. Walaupun kau memakan makann yang sangat enak tapi kalo sendiri pasti hambar rasanya.”Imbuhnya.

‘Didalam organisasi pramuka kami tidak hanya beraktifitas didalam tapi juga berkaktifitas di luar. Artinya beraktifitas  diluar itu maksudnya kami melakukan hal-hal yang dapat membantu orang lain.” Imbuhnya lagi.

“Outbound ini juga bertujuan agar kami  dapat mengenal kehidupan masyarakat sekitar kita. Kita diberi alam oleh Allah SWT untuk dilestarikan, dijaga dan dirawat sebaik mungkin. Moto kami Jangan ngaku cantik dan gagah kalo belum berkacu. salam pramuka.” Pungkasnya.

Sahril,  Pembina Pramuka SMP Negeri 1 Mangkutana menjelaskan  tentang kegiatan outbound ini, “Kami sangat bersyukur dengan adanya kegiatan outbound ini. Meskipun perjalanan menuju ke lokasi ditempuh dengan guyuran hujan, tetapi semuanya itu tidak begitu terasa karena dijalani dengan kebersamaan. Dan pada saat sampai di lokasi langsung disuguhi dengan penyegar, lapar dan dahaga jadi hilang.”

“Materi yang kami berikan selama outbond bermanfaat dan membangun diri pribadi dan semangat juang dalam belajar bagi peserta didik. Manfaat dari kegiatan outbound itu antara lain, Peserta didik belajar berdinamika dalam kelompok, Menyampaikan pendapat di depan umum menjadi lebih mudah, Bisa tampil percaya diri, Merasa memiliki hak dan kewajiban yang sama, Dapat memaknai arti suatu kebersamaan, kekompakan dan persatuan, Mengikat tali persaudaraan yang kuat antar anggota.” Jelasnya panjang lebar.

Dharma Cahyani, Wapinru Pramuka SMP Negeri 1Mangkutana mengatakan “Menurut saya kegiatan seperti ini sangat bagus untuk dilakukan karena dengan adanya kegiatan-2 di luar sekolah,  pramuka bisa lebih dikenal masyarakat. Selain itu, anggota pramuka yang lainnya juga akan tahu bahwa pramuka itu menyenangkan. Bukan hanya sekedar latihan baris berbaris.” Tutupnya.

(Rismawati Latifah/Djiesam-IL)