Safari Pendidikan Di SMP Negeri 1 Mangkutana

Infolutim.com – Mangkutana

Dewan pendidikan menggelar Safari Pendidikan yang ber-tema-kan ‘Peran Orang Tua dan Masyarakat dalam pembentukan karakter peserta didik” . Kegiatan safari pendidikan itu dilaksanakan di SMP Negeri 1 Mangkutana, jum’at 12 Januari 2018.

Hadir dalam acara tersebut  Kadis pendidikan La Besse, Ketua Dewan pendidikan H.M Arfa Mustapha, Sekertaris dewan pendidikan H.Ardias Barah. S.pd. Kabid sosial ekonomi Dinas Balitbangda Ir. Ainuddin, Camat Mangkutana Awaluddin, Kapolsek Mangkutana Muh.Idris, para Kepala Sekolah, para ketua Komite sekolah, Guru-guru dan orangtua murid.

Acara safari pendidikan itu dilaksanakan untuk menjaring informasi dan membangun sinergi dengan seluruh pihak bagaimana meningkatkan peran serta yang lebih luas bagi semua pihak untuk turut membantu membentuk karakter baik bagi para peserta didik.

Kadis pendidikan La Besse, menjelaskan kepada Media Infolutim bahwa “safari pendidikan ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi antara dinas pendidikan, dewan pendidikan, komite sekolah, guru-guru dan pengawas. Sekalian juga untuk mensosialisasikan beberapa hal terkait pelayanan pendidikan di Luwu Timur, aturan-aturan baik itu peraturan menteri, peraturan presiden, salahsatu diantaranya adalah PPDB (penerimaan peserta didik baru) yaitu permendikbud no.17 thn 2017. Dimana PPDB itu menggunakan sistem Zonasi. Kemudian Perpres no.87 thn 2017 tentang PPK (penguatan pendidikan karakter) yang salah satunya mengenai pelaksanaan 5 hari sekolah. Kemudian tadi ada beberapa masukan dari masyarakat dan itu akan kami jadikan referensi sehingga kegiatan safari pendidikan, dua lagi yaitu zona 3 di Malili dan Zona 4 di Sorowako itu semakin bagus dan bisa jadi model dimasa-masa akan datang.”

Muh. Idris Kapolsek Mangkutana mengungkapkan bahwa “Alhamdulilah kegiatan ini positif,  dewan pendidikan itu perannya sangat bagus dalam meningkatkan taraf pendidikan. Mereka juga menerima saran-saran dari berbagai pihak dan itu adalah terobosan baru. Mudah-mudahan kedepan bisa lebih proaktif lagi menggali masukan-masukan dari berbagai pihak.” Pungkasnya.

Sementara itu camat Mangkutana Awaluddin mengatakan “Saya menyambut positif  karena kegiatan ini seperti rakor karena selain menjalin silahturahmi, juga untuk menjalin kerjasama dan meningkatkan peran serta semua pihak. Mudah-mudahan ini bisa terus berlanjut secara rutin dimasa-masa akan datang.”

Senada dengan para narasumber diatas, kepala sekolah SMP Negeri 1 Mangkutana Adam Malik menjelaskan “ Kami merasa bersyukur dengan adanya kegiatan ini. Idenya sangat bagus, jika kita semua stake holder dan dewan pendidikan bisa bekerjasama dan peduli dengan masalah-masalah pendidikan. Apalagi tema kegiatan ini adalah tentang  pendidikan karakter, ini sangat bagus dan kita semuaharus peduli. Peran dewan pendidikan menurut permendikbud yang baru ini sangat penting. Sebagai kepala sekolah saya tentu harus mengembangkan program pendidikan karakter ini semaksimal mungkin. Mudah-mudahan kedepan semuanya bisa terlaksana dengan baik.” Pungkasnya. ( Djiesam-IL)