Yaniari Matasik Anggota Pramuka SMPN 1 Tomoni Timur : Kegiatan Pramuka Melatih Kemandirian, Kreatifitas Dan Kedisiplinan

Infolutim.com – Tomoni Timur

Setiap hari jum’at di SMP Negeri 1 Tomoni Timur, para pelajar yang tergabung diorganisasi kepramukaan  rutin melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler  pramuka.

Kegiatan pramuka ini bukan sekedar hanya untuk kegiatan ekstrakurikuler biasa saja, namun pramuka juga diharapkan senantiasa berperan dalam pembentukan karakter seorang siswa.

Pramuka juga memiliki tujuan dan manfaat tersendiri bagi para siswa seperti menumbuhkan karakter kedisiplinan dan  jiwa serta semangat nasionalisme.

“Dalam kegiatan pramuka, kita bukan hanya mementingkan pelajaran namun juga untuk melahirkan dan menumbuhkan sikap-sikap baik, melatih kekuatan jasmani dan membangun karakter yang mandiri serta bertanggung jawab. “ Kata Yaniari Matasik Ketua PIK-Remaja yang juga anggota di organisasi kepramukaan.

“Pramuka itu bukan hanya untk senang-senang dan seru-seruan  namun kita juga diajarkan bagaimna menjadi seorang yg mandiri teguh dan bertanggung jawab. Dalam pramuka kita juga bisa belajar sambil bermain seperti melakukan kegiatan yg menyenangkan dan menghibur tetapi tetap memiliki manfaat yg lebih positif.”

Yaniari kemudian menambahkan, “Jadi untuk menumbuh dan menanamkan  karakter disiplin didalam masyarakat utamanya bagi kita sebagai pelajar maka    dapat kita peroleh melalui kegiatan kepramukaan.”

“Karena dengan adanya kedisiplinan kita akan mampu mengembangkan potensi yg ada pada diri kita secara maksimal dalam meraih prestasi sebagai seorang pelajar.” Imbuhnya lagi.

Wayan Mardinatha salah satu pembina pramuka di SMP Negeri 1 Tomoni Timur mengatakan, “Bahwa diharapkan melalui latihan yang rutin, paling tidak rutin seminggu sekali maka dapat meningkatkan kedisiplinan dan kreatifitas  siswa – siswi SMP Negeri 1 Tomoni Timur ini.”

“ Pramuka itu menjadi eskul wajib,  karena ditujukan untuk menggembleng kemandirian, kreativitas serta tanggung jawab para anggotanya. Ini adalah kegiatan yang amat positif yang kita sangat dukung, harapan saya nantinya bisa dikembangkan lagi untuk  aksi-aksi soaialnya juga.” Kata I Wayan Sudiarsa kepala sekolak SMP Negeri 1 Tomoni Timur.

Komang Abdi, salah satu anggota pramuka yang aktif juga diberbagai kegiatan organisasi sekolah yang lain mengatakan, “Pramuka itu merupakan salah satu kegiatan yang ada ditiap sekolah. Pramuka bertujuan untuk membentuk kepribadian yang sehat  jasmani dan rohani. Pramuka juga mengajarkan kita untuk hidup hemat dan disiplin. Selain itu di dalam pramuka kita dapat belajar mencintai alam dan menjalin kasih sayang pada sesama.”

Seorang pinru pramuka bernama I Made Parama Arta menambahkan,  “Pramuka mengajarkan bagaimana kita menjadi seorang pelajar yg rajin, terampil dan gembira. Kita juga belajar bagaimana  hidup mandiri serta dengan melalui kegiatan pramuka kita dapat menyatu dan mengenal alam sekitar kita.” Pungkasnya.  (Yaniari Matasik/Djiesam-IL)